Kelebihan dan Kekurangan Dalam Menggunakan Google Adwords Yang Perlu Kalian Ketahui

 

Kelebihan dan Kekurangan Dalam Menggunakan Google Adwords Yang Perlu Kalian Ketahui – Hai semuanya. Dalam kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan pada Google Adwords yang perlu anda ketahui. Beriklan di Google Adwords sekarang ini telah menjadi hal yang biasa. Banyak pelaku bisnis menggunakan Google Adwords untuk menawarkan produk dan jasa yang dijual.

Tidak dipungkiri lagi keberhasilan suatu bisnis sedikit ataupun banyak sebenarnya dipengaruhi oleh iklan atau promosi. Iklan dapat mendukung anda untuk mengenalkan produk atau jasa kepada masyarakat target pasar. Namun sebaliknya, tanpa adanya iklan kemungkinan anda menjadi kebingungan untuk mengenalkan produk dan jasa kepada konsumen potensial.

Bagi anda yang ingin membuat iklan dari Google Ads untuk bisnis anda. Anda bisa menggunakan Jasa Adwords. Karena beriklan dengan Google Ads bisa menjadi salah satu solusi supaya bisnis anda bisa tampil menonjol di antara pesaing dengan produk yang sejenis. Berikut kami telah menghimpun kelebihan dan kekurangan dari Google Adwords.

 

Kelebihan Google Adwords

1. Kemudahan Dalam Mengendalikan Biaya Iklan

Jika menggunakan Google Ads, anda nantinnya akan diberi kemudahan untuk mengendalikan pengeluaran biaya iklan. Hal ini dikarenakan anda dapat menentukan penayangan iklan dalam hitungan per hari, per bulan, maupun per penayangan iklan. Supaya lebih jelas, berikut ini adalah rincian dari biaya Google Adwords:

  • Biaya per klik (dikenakan biaya setiap ada seseorang yang mengeklik iklan)
  • Biaya per konversi (dikenakan biaya setiap goal pada iklan telah terpenuhi)
  • Biaya per 1000 impresi (dikenakan biaya setiap 1000 orang yang telah melihat iklan)

 

2. Kemudahan Dalam Menargetkan Iklan

Anda dapat memperoleh kemudahan untuk menargetkan siapa saja yang akan menjadi pasar iklan produk tersebut. Dikarenakan terdapat beberapa hal yang bisa ditargetkan. Keyword, lokasi iklan, karakteristik demografis (usia, lokasi tempat tinggal, serta bahasa yang akan digunakan target iklan), jenis perangkat, hari dan waktu ataupun frekuensi penayangan iklan.

READ  Keunggulan dari HP Vivo

 

3. Kemudahan Dalam Mengukur Kesuksesan

Dengan menggunakan Google Ads, anda akan memperoleh rekam jejak setiap adanya orang yang mengeklik iklan lalu mengunjungi website. Ada juga konsumen yang langsung melakukan transaksi pembelian di situs website anda. Dengan adanya rekam jejak tersebut, dapat digunakan untuk mengukur metode iklan seperti apa yang dianggap optimal.

Anda juga dapat mempelajari rutinitas berbelanja konsumen. Anda akan mengerti seberapa lama waktu yang diperlukan konsumen untuk meneliti barang sebelum akan membelinya. Atau juga bagaimana cara menulis iklan yang menarik supaya konsumen bisa tertarik untuk berkunjung ke website.

 

Kekurangan Google Adwords

1. Mahalnya Biaya Iklan Premium

Pada perusahaan-perusahaan kecil, kebanyakan memakai iklan yang gratis saja sudah lumayan, walaupun terdapat kekurangan dan keterbatasan. Namun, untuk memperoleh fitur-fitur terbaik, harus menggunakan layanan premium. Khususnya bagi perusahaan-perusahaan yang tengah berkembang dengan pesat.

Biaya pemasangan iklan premium termasuk mahal. Biasanya, cuma bisnis dan perusahaan besar yang mampu untuk membayar biaya iklan premium ini. Oleh karena itu, bagi para pebisnis-pebisnis pemula, biaya iklan tersebut terdengar sangat mahal bagi kantong mereka.

 

2. Pembayaran Iklan Menggunakan Kartu Kredit/Paypal

Metode pembayaran iklannya pun cenderung agak sulit dan merepotkan, dikarenakan harus memakai paypal atau kartu kredit. Padahal, di Indonesia sendiri, kartu kredit belum menjadi hal yang umum dan dimiliki oleh para masyarakat. Hanya orang-orang dengan pendapatan tinggi yang bisa mendaftarkan kartu kredit.

Oleh karena itu, para pebisnis-pebisnis pemula seringkali mengalami kendala dalam pembayaran iklan sebab tidak mempunyai kartu kredit ataupun paypal. Google sendiri sebenarnya memang tidak memakai sistem pembayaran transfer yang konvensional menggunakan bank-bank lokal di Indonesia.

READ  Cara Mengatasi Hp Samsung J2 Prime Sering Kembali Sendiri

 

3. Terdapat Keterangan Iklan

Jika dicermati dengan lebih jeli, website-website di Google yang menerapkan iklan dapat dibedakan dengan website lainnya. Website dengan iklan yang berbayar terdapat tulisan “Iklan” di bawahnya.
Oleh sebab itu, dapat menyebabkan sebagian orang akan berpikir dua kali sebelum akan mengunjungi situs tersebut.

Namun, bagi orang yang cermat dan melihat dengan perlahan, maka dia mampu membedakan mana website yang memakai iklan, dan mana website yang tidak memakai iklan.

 

Penutup

Berdasarkan penjelasan tersebut, seperti itulah kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan Google Adwords. Setiap hal jika mempunyai kekurangan dan keterbatasan tersendiri merupakan suatu hal yang lumrah. Namun, bila keuntungan dirasa lebih banyak, maka tidak ada salahnya untuk mengambil peluang tersebut.